Pucuk Merah (Syzigium oleina)


Deskripsi Botani
 Syzigium oleinaTanaman family Myrtaceae ini merupakan pohon berukuran sedang yang dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 m. Kanopinya padat, kompak dan berbentuk silinder. Daunnya berhadapan berbentuk ellips halus dan mengkilap, berwarna hijau dengan panjang 3-8 cm. Daun mudanya berwarna merah terang dan akan berwarna lebih terang jika terkena matahari langsung. Bunganya kecil berwarna putih atau cream dan tidak mencolok. Buahnya berbentuk buah-buah berry kecil yang berwarna merah hingga coklat kemerahan. Sedangkan batangnya berwarna cokelat dan berbentuk berserpih.
Daya Tarik
 Meskipun Oleina/Pucuk merah ini berasal dari hutan hujan tropis, tanaman ini sering dipakai sebagai tanaman pagar atau pembatas dikarenakan kanopinya yang sangat padat serta tidak mudah rontok meski ranting dan daun yang paling tua sekalipun. Oleina akan tumbuh cepat pada keadaan cukup air dan menerima matahari langsung. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian 3 meter dalam waktu kurang lebih 4 tahun. Oleina/Pucuk merah ini juga toleran terhadap naungan dan dapat tumbuh dibawah naungan meski cenderung lebih lambat. Selain itu tanaman ini juga tahan terhadap hama dan penyakit.
Syzigium oleina dapat dan biasa ditanam di jalan-jalan utama kota-kota besar untuk kebutuhan "screening", yaitu untuk meredam kebisingan, polusi udara dan visual dikarenakan kerapatan kanopi dan ketakmudahrontokan ranting dan daunnya tersebut. Selain itu warna daunnya yang menarik menjadikan Oleina/pucuk merah ini sebagai tanaman popular untuk lansekap.
Syzigium oleina